|

Warga Kecewa Bupati Kepsul Tak Hadiri Sidang Sengketa Lahan Bandara


SANANA- Warga Desa Umaloya dan Desa Wai Ipa, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) kembali menelan kekecewaan lantaran Bupati Hendrata Thes, untuk kesekian kalinya tidak hadir dalam sidang mediasi Gugatan Lahan Bandara Emalamo Sanana di Pengadilan Negeri (PN) Sanana, Selasa (29/10).

Padahal, kehadiran orang nomor satu Kepsul dalam sidang ketiga ini sangat diharapkan oleh warga.

Sama seperti sidang sebelumnya, Bupati kembali mengutus Kabag Hukum dan HAM Sait Losen dan Kasi Datun, Kejari Kepsul Arya Satria selaku pengacara negara untuk hadir. Alhasil, warga dua desa yakni Desa Wai Ipa dan Umaloya selaku pengguggat marah dan merasa tidak dihargai oleh Hendrata Theis

Warga kemudian mengamuk usai sidang serta mengancam akan memboikot aktifitas bandara. Mereka menilai, bupati tidak memiliki itikad baik untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah berlangsung puluhan tahun ini.

Ketikakhadiran Bupati membuat sidang yang dipimpin hakim tunggal, Priadi, terpaksa ditunda pekan depan dengan agenda yang sama.

Penasehat Hukum penggugat, Kuswandi Buamona mengatakan, kehadiran Bupati selaku kepala daerah sangat menentukan hasil sidang. Akan tetapi, lanjut Kuswandi, panggilan warga yang berharap kehadiran Bupati sebagai bentuk keseriusannya menyelesaikan masalah justru tidak terwujud.

"Semua masyarakat hadir tapi Bupati tidak hadir jadi warga sangat kecewa. Bahkan, ada wargayang mengancam akan memblokir bandara tapi kami (PH) melarang,” kata Wandi.

Wandi sebut, agenda mediasi ini telah dilakukan beberapa kali, namun tidak ada kesepakatan. Sehingga, Hakim memberikan kesempatan kepada Bupati untuk hadir dalam sidang pekan depan.

"Kalau Bupati tidak hadir berarti proses tetap jalan karena mediasi dianggap gagal dan Pemda tidak punya itikad baik untuk berdamai”, sesalnya.

Sementara, dalam sidang mediasi yang berikut jika tetap tidak dihadiri oleh Bupati, maka sidang dipastikan akan berlanjut dengan agenda pembacaan gugatan.(KS).
Komentar

Berita Terkini