|

Bawaslu Kepsul Umumkan Hasil Seleksi Panwascam


SANANA-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) telah pleno hasil seleksi Panwascam dari 12 Kecamatan, Rabu (18/12).

Ketua Bawaslu Iwan Duwila, mengatakan pengumuman hasil tes Panwascam di lihat dari tahapan tes, mulai tes Computer Assited Tes (CAT) sampai dengan tes Wawancara. Dimana kata Iwan, penilaian  juga dilihat dari  kemampuan peserta dalam berkomunikasi maupun integritas peserta.

Sebab tambah Iwan, meskipun nilai CAT peserta itu mencukupi tetapi perlu juga di sandingkan dengan hasil wawancara.
" Karena tidak selamanya kemampuan seseorang baik dalam tes tulis, belum tentum memiliki kemampuan di cara berkomunikasi dan lainnya, " katanya.

Persoalan integritas menurut Iwan, merupakan dimensi paling utama bagi peserta yang sudah pernah menjadi Panwascam. Bedahalnya dengan peserta yang belum pernah jadi Panwascam

Iwan pun menegaskan,  setelah pleno ini ada peserta tes yang sudah lolos namun kedapatan memiliki komitmen dengan salah satu bakal calon bupati, atau berkomunikasi menyangkut pilkada, maka akan diganti dengan peserta yang berada di daftar tunggu.

"Apalagi jika terdapat bukti-bukti akurat keterlibatan mereka" tegasnya

Demi menjaga nama baik lembaga, Sambung Iwan, sekalipun ada orang-orang tertentu yang menghubungi pihaknya, Bawaslu tetap memiliki prinsip tetap pada keputusan yang dicermati selama tahapan tes berlangsung.

" Iya meskipun ada yang menghubungi kami tetapi peserta yang lulus seleksi hari ini sudah disesuaikan dengan hasil tes mereka, " pungkasnya.

Iwan berharap kepada peserta tes Panwascam yang belum sempat lulus seleksi agar tidak berkecil hati. Sebab, masih ada kesempatan di lain waktu dan bukan karena mereka tidak layak tapi kelulusan itu sudah berdasarkan hasil pertimbangan selama proses tes berlangsung.

" Peserta tes yang belum sempat lulus kita bisa bekerja sama dalam melakukan pengawasan saat pemilu berlangsung. Sebab pengawasan bukan mereka terlibat sebagai Panwascam tetapi mereka juga bisa melakukan pengawasan dari luar bersama masyarakat lainnya, " harapnya. (KS)

Adapun nama-nama peserta lulus seleksi sabagai berikut:



Komentar

Berita Terkini