|

Sekda Kepsul Membuka Secara Resmi Pelatihan dan Pembinaan Produk Pangan Pokok Lokal


SANANA- Sekretaris Daerah( Sekda) Kepulauan Sula (Kepsul) Safrudin Sapsuha membuka secara resmi kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Pengembangan Produk Pangan Pokok Lokal yang di selenggarakan oleh Dinas Katahanan Pangan di gedung Cakalele Sanana, Senin (30/12) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya, Tenaga ahli, Delli Gunarsa direktur D& D Food Jakarta, Ratna dari Balai Pelatihan Kota Ambon, serta sejumlah unsur pimpinan SKPD Lingkup Pemda Kepsul.

Sambutan Bupati yang dibacakan oleh Sekda menyampaikan bahwa, pangan merupakan bagian paling penting dalam pembentukan karakter dan derajat kesejahteraan serta derajat kesehatan. Oleh karena itu, untuk mencapai Sula yang sejahterah, harus di mulai dari membimbing setiap keluarga agar setiap anggotanya aktif dan produktif.

Untuk mencapai semua itu sambung Sekda, setiap anggota keluarga harus bisa  mengkonsumsi makanan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA).

Sekda bilang, bila di lihat secara geografis Kepuluan Sula mempunyai  potensi untuk mengembangkan produk pangan dari beberapa komoditas yakni, Ubi Kayu, Ora, Ubi Jalar, Sagu serta komodita lainya seperti Cabai dan Tomat.

"Dengan demikian, adanya pelatihan di harapkan kepada seluruh peserta yang mengikuti pelatihan, kurang lebih 50 orang ini agar bisa belajar dengan giat sehingga dapat mengambangkan potensi pangan lokal di Kepsul. " Terangnya.

Sebab, sambungnya, pola produksi pangan lokal bisa menjamin kesehatan masyarakat secara baik bila di konsumsi oleh masyarakat.

Sekda juga menginginkan seluruh masyarakat Kepulauan Sula bisa memanfaatkan dan dapat meproduksi pangan lokal dengan baik. Sehingga setiap anggota keluarga kesehatannya bisa terjamin sehat.

" Kami inginkan dengan pola konsumsi pangan lokal secara baik agar kesehatan masyarakat Kepsul bisa terjamin sehat, " harapnya.(KS)
Komentar

Berita Terkini