-->
    |


Analisis Kesbangpol, Pilkades Perlu di Tunda

Gambar Ilustrasi
SANANA-SANANA- Berdasarkan hasil analisis Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) terkait dengan pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Kepulauan Sula, pemerintah dipandang perlu untuk menunda pemilihan tersebut.

Ditundanya pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dianggap memberi dampak positif apalahgi bertepatan dengan Pemilihan Kepala Daerah nanti. Dari hasil analisa Badan Kesbangpol, jika hajatan pemilihan tersebut dilaksanakan maka akan berdampak pada konflik sosial

Menurut Kepala Badan, Said Losen kepada Awak media, Jumat (17/01)  mengingat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah semakin dekat dan Pilkades tetap dijalankan, maka akan memakan waktu panjang, bisa jadi akan berbenturan dengan pilkada.

Belum lagi Lanjut Said, pada saat jalannya Pilkades ,tidak ada jaminan apakah berjalan dengan aman atau tidak. Sebab, dalam pemilihan sudah barang tentu ada kalah dan menang. Dan yang menjadi permasalahan apakah pihak yang kalah mau menerima kekalahannya atau tidak. Jika tidak maka akan terjadi konflik sosial.

"Nah, inilah yang menjadi analisis pihaknya kami kepada pemerintah sehingga hajatan nasional seperti pilkada sebaiknya pilkades ditunda sampai pilkada selesai sehingga tidak lagi berbenturan dengan hajatan lainnya. Apalagi pilkada ini adalah hajatan nasional, jangan sampai ada unsur yang lain dapat mempengaruh, " ujarnya.

Olehnya Said memberi pertimbangan kepada pemerintah tidak mengadakan atau menunda pilkades karena, dikhawatirkan bisa dapat mengganggu berlangsungya Pilkada yang akan datang. " Iya sebaiknya pilkades ditunda dulu sampai pilkada selesai, " tutupnya.(KS)
Komentar

Berita Terkini