-->
    |

Petugas Gabungan Temukan 4 Box Daging Anjing di KM. Permata Bunda

Barang Bukti Yang di Amankan Petugas Gabungan
SANANA- Petugas Balai Karantina Hewan, Syahbandar Sanana TNI- AL dan Polri menemukan 4 box daging Anjing di kapal KM. Permata Bunda saat dilakukan pemeriksaan di areal pelabuhan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Selasa (14/1/2020).

Empat box daging itu dikirim dari Manado dan Jailolo dengan tujuan Ambon. Dua box warna putih berasal dari Jailolo dengan nama penerima diketahui bernama Adi yang diamankan di penitipan barang. Sementara, duanya lagi Box warna coklat berasal dari Manado dan tidak memiliki nama pengirim.

Kepala Balai Karantina Hewan Wahyu Samurwat menuturkan, pemeriksaan tersebut dilakukan secara rutin sesuai amanah UU nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina. Untuk itu kata Wahyu, pihaknya berkordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pemeriksaan terhadap kapal yang berlabuh di pelabuhan.

"Jadi waktu kita periksa, ditemukan barang di penitipan dan kita periksa ternyata isinya daging anjing. Kami curiga masih ada barang lagi selain yang kami temukan dan setelah di periksa ternyata benar di belakang juga ada, "ujarnya.

Wahyu bilang, pengamanan tersebut dilakukan karena daging tersebut tidak memiliki dokumen kelengkapan.

"Jadi kita periksa kenapa tidak ada dokumennya. Kadi kami lakukan pemeriksaan bersama-sama untuk memberantas kejahatan ini, "jelasnya.

Ditanya soal sanksi, menurutnya kasus tersebut nantinya akan ditangani oleh pihak Polres Kepsul dan penyidik Karantina Ternate dan masalah tersebut menjadi tanggungjawab Kapten kapal.

"Karena kita belum ada penyidik, jadi kasus seperti ini nanti di kembangkan karena sudah ada nama pengirim dan sebagainnya," pungkasnya, sembari mengaku ancaman hukuman untuk pelaku kejahatan penyelundupan daging hewan tanpa dokumen diancam 5 tahun penjara. (KS)
Komentar

Berita Terkini