-->
    |


Merawat Tradisi Ela - Ela, Komunitas Algensa Babang Pasang Obor di Jalanan Desa Babang


Bacan-Menjelang berakhirnya bulan Ramdhan, tradisi memasang Ela - Ela atau obor rutin dilaksankan oleh masyarakat Maluku Utara tak terkecuali masyarakat Desa Babang. Lewat komunitas Algensa, pemasangan obor di lakukan di sepanjang jalan Desa Babang, Kecamatan Bacan Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Rabu (20/05)

Menurut Ketua Umum Algensa, Rusdiyanto, Pemasangan obor pada malam ela-ela dalam rangka menjaga tradisi yang selama ini berjalan dan selalu dilakukan saat Ramdhan akan berakhir.

"Sebagai kelompok anak muda Babang, kami terus berupaya merawat kelangsungan tradisi, selain itu,  pemasangan ela - ela juga bertujuan mengajak masyarakat Desa Babang pada umumnya agar ditengah arus globalisasi yang semakin berkembang, tradisi kedaerahan yang baik harus tetap dipegang erat"- Ujar Rusdiyanto

Pria yang disapa Rangge ini menambahkan, selain pemasangan obor di jalanan juga akan dilakukan pawai obor. Tetapi mengingat himbauan pemerintah yang tidak boleh melakukan kegiatan yang menghadirkan banyak orang maka kegiatan tersebut ditiadakan.

" Selain pemasangan ela-ela, niat untuk pawai obor dengan mengajak masyarakat hendak dilakukan. Namun, situasi yang terjadi saat ini mengharuskan kami membatalkan kegiatan tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tutupnya. (fy)


Komentar

Berita Terkini