-->
    |


Penumpang Tujuan Ternate-Ambon Keluhkan Pelayanan Kartu Kuning di Pelabuhan Sanana

 

SANANA - Penumpang tujuan Kota Ternate dan Ambon keluhkan pelayanan kartu kuning di pelabuhan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Selasa (18/8). Penumpang menganggap, harusnya pelayanan kartu kuning ini dilakukan sebelum keberangkatan, supaya tidak terjadi antrian panjang dan kerumunan. 

Pelayanan kartu kuning dilakukan setelah penumpang sudah siap-siap untuk naik ke atas kapal. Penumpang menilai bahwa petugas pembuat kartu kuning sendiri yang menciptakan kerumunan di tengah situasi Covid-19 saat ini.

Dari pantauan media ini, hingga pukul 18, 00 penumpang masih antri untuk mendapatkan kartu kuning. Di saat pengurusan, penumpang harus melakukan pemeriksaan suhu badan baru bisa diberi kartu kuning. Sejumlah penumpang terlihat begitu panik setelah mendengar peringatan dari kapal. 

Pada hari ini, ada dua kapal yang masuk di pelabuhan Sanana dengan tujuan Ternate dan Ambon. Dari dua kapal itu, tentu jumlah penumpangnya lebih dari 100 orang. Sementara petugas yang melayani penumpang sebanyak itu hanya 3 orang saja dan stempel yang mereka gunakan hanya satu buah. Mau tidak mau, petugas harus melayani penumpang yang kapalnya keluar lebih dulu. 

“Iya, saya mau berangkat ke Ambon. Tapi kami antri dari tadi. Petugas yang layani kami sebanyak ini hanya 3 orang. Terus stempel yang mereka gunakan hanya 1 buah. Jadi tidak bisa layani penumpang yang tujuan Ambon dan Ternate secara bersamaan,” kata Lut, salah satu penumpang tujuan Ambon saat ditemui awak media di ruang tunggu.

Lut mengatakan, harusnya di tengah pandemi seperti ini pelayanannya lebih maksimal. Artinya, satu sebelum keberangkatan itu petugas sudah siap di tempat agar penumpang dapat mengurusnya dengan cepat.

“Kalau mau berangkat baru melakuan pelayanan, maka sudah pasti akan terjadi kerumunan. Apalagi sekarang ada dua kapal sekaligus. Parah,” keluhnya.(KS)

Komentar

Berita Terkini