-->
    |



Kesulitan Akses Jalan, Petani Desa Akedotilou Minta Pemkot Tidore Bangun Jalan

Tidore-Setiap kali musim panen tiba, petani pala di Desa Akedotilou Kecamatan Oba Tengah, Kota Tidore Kepulauan, harus susah payah mengangkut hasil panen dari kebun ke rumah lantaran tak ada akses jalan yang memadai. Ditambah, pada musim penghujan saat ini jalan yang mereka lalui  menjadi licin dan berlumpur.

Salah satu petani Dusun Suo Sesa Akedotilou, Jainal Saha, kepada reportmalut.com, Jum'at (04/12), mengungkapkan sejak tahun 1989 mereka (petani red) sudah membuka lahan perkebunan hingga saat ini.

"So lama torang bikin kobong di sini, dari tahun 1989 lagi. awalnya menanam Cokelat, namun Karena so tara babuah lagi torang ganti Deng pala, ada juga cengkeh tapi sedikit Saja." terang.

Kata Jainal, mulai pembukaan lahan saat itu hingga sekarang, akses jalan masih sangat sulit. " Mulai dari tong bakobong sampe sekarang itu jalan masih begitu sudah sampe, apalagi kalau di musim ujan begini, jalan bapece deng licin sekali," jelasnya.

Jalan Tani, Lanjutnya, di bangun oleh pemerintah Desa sepanjang 1 Km. akan tetapi letak pembangunannya berada jauh dari dari perkebunan pala milik petani.

" Pemerintah desa so bikin jalan tapi tara lurus kadara, jadi torang petani setengah mati kalau kase keluar muatan," Ungkapnya. 

Sementara, ketika dikonfirmasi terkait dengan program Agromarin Pemerintah Kota Tikep,  Jainal menegaskan bahwa hingga saat ini tidak Ada satupun program yang mereka (petani pala Red ) rasakan apalagi soal jalan. 

" Kalau program pemerintah itu tidak ada sama sekali, pernah ada di tahun 2004  itu berupa bantuan bibit bawang merah deng peternakan, setelah dari situ tidak ada lagi sampe sekarang," jelasnya. 

Jainal juga menjelaskan bahwa mereka yang membuka lahan pertanian di Desa Akedotilou sudah mengantongi izin secara tertulis dari pemerintah daerah pada waktu itu yang di tanda tangani oleh  Bupati Ahmad Malawat, saat itu kelompok petani ini di beri nama "petani mafu Kalasa". 

"Saat ini tong pe hasil pala so ratusan kilo, ada juga yang so sampe 1 Ton lebe, jadi torang berharap pada pemerintah kota Tolong bikin tong pe jalan. Biar tara sampe asal dekat kadara sedikit Saja " Harap Jainal. (Al)

Komentar

Berita Terkini