-->
    |

KPU Sula Bakal Lakukan PSU di TPS 8 Desa Fogi

 


SANANA,Reportmalut.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Sula (Kepsul), bakal melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 8 Desa Fogi, Kecamatan Sanana, pada Sabtu (24/2) Besok.

Ketua KPU Kepsul Yuni Yunengsih Ayuba, saat dikonfirmasi, Awak media mengatakan pada Kamis (22/2) sekira pukul 17:00 WIT, pihaknya menerima surat rekomendasi PSU dari Bawaslu Kepsul.

"Dalam surat rekomendasi tersebut, Bawaslu Kepsul menyatakan bahwa adanya pelanggaran administrasi di TPS 8 Desa Fogi, Kecamatan Sanana, sehingga Bawaslu merekomendasikan untuk dilakukan Pengumutan Suara Ulang (PSU),". Ungkap Yuni, Jumat, (23/02/2024)

"Setelah dapat surat rekomendasi dari Bawaslu, kami menggelar rapat pleno tertutup lima komisioner KPU, dan kami menetapkan bahwa TPS 8 Desa Fogi, Kecamatan Sanana akan dilakukan PSU,". jelasnya.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan PSU di TPS 8 Desa Fogi, Kecamatan Sanana, hanya 2 surat suara, yakni PSU pasang calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden ditambah dengan DPR RI.

"Sesuai dengan rekomendasi Bawaslu itu, PSU ini hanya dilakukan dua jenis pemilihan, yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden ditambah dengan pemilihan DPR RI," cetusnya.

Menurut Yuni, dari 303 TPS yang ada di Kepsul, hanya TPS 8 Desa Fogi, Kecamatan Sanana yang direkomendasikan oleh Bawaslu untuk dilakukan PSU.

"Untuk PSU itu baru satu TPS yang rekomendasi oleh Bawaslu, yakni TPS 8 Desa Fogi. Sementara, waktu PSU ini hanya 10 hari. Yakni, terhitung sejak tanggal pemilihan sampai Sabtu 24 Februari besok , tandasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kepsul Ajuan Umasugi mengatakan, pihaknya merekomendasikan untuk dilakukan PSU, karena setelah dilakukan penelusuran di TPS 8 Desa Fogi, terdapat pelanggaran admistrasi.

"Pelanggarannya itu karena pemilih yang namanya tidak ada di DPT, DPTb maupun DPK, tapi mereka kemudian melakukan pencoblosan. Atas pelanggaran inilah, kami merekomendasikan untuk dilakukan PSU," katanya.

Ia menegaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan ketat, terhadap PSU di TPS 8 Desa Fogi, Kecamatan Sanana, Kami akan melakukan pengawasan yang ketat terhadap PSU di TPS 8 Desa Fogi, Kecamatan Sanana. (Noah)

Komentar

Berita Terkini