|

Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sekolah di Pantai Kelurahan Mareku Kota Tidore


Kesadaran membuang sampah masih menjadi masalah bagi Indonesia. Pada tahun 2017, tercatat 65,8 Juta Ton Sampah  dihasilkan di Indonesia. Sedangkan pada tahun 2018 mencapai 66,5 Juta Ton.

Volume ini semakin meningkat 1 Ton Pertahun. Kesadaran membuang sampah sembarangan baik sampah rumah tangga dan sampah plastik dan sejenisnya adalah masalah umum yang krusial saat ini. Sampah-sampah ini dapat mencemari lingkungam utamanya pantai yang dapat mengancam habitat yang hidup di laut.

Dalam reportase yang dilakukan oleh tim reportmalut.com 3 Pantai di Kelurahan Mareku, Yakni Mafu Jara, Gambaru, dan Laisa Kota Tidore Kepulauan, ditemukan bahwa kesadaran membuang sampah masih menjadi masalah. Sampah ini berasal dari sampah rumah tangga dan kegiatan yang menghasilkan sampah lainnya, terutama Sekolah-sekolah.

Masalah sampah yang sudah menjadi urgen tidak lepas dari aktivitas masyarakat setiap hari, sebab, tidak hanya merusak pemandangan tetapi sampah-sampah tersebut mengotori tempat (batobo).

Kondisi ini diperparah jika musim penghujan tiba, ada 3 titik pembuangan sampah disepanjang pantai Mareku yang sebelumnya kali mati (barangka) menjadi temoat pembuangan sampah oleh masyarakat. berikut beberapa foto dapatkan dilapangan :


[cut]


[cut]



[cut]



Komentar

Berita Terkini