|

Dinas Kesehatan dan KB Morotai Focus Persiapan Pelayanan Kesehatan dan Sosialisasi Gempa

dr. Victor Palimbong (Kadinkes dan KB Morotai terlihat membantu petani kopra mengolah kelapanya. Foto spesial : Erick

MOROTAI - Dinas Kesehatan dan KB terus fokus dalam melakukan beberapa kegiatan saat ini diantaranya, Persiapan Pelayanan Pasca Gempa, dan Rutin melakukan kontrol ke Lokasi Pengungsian.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk tetap memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat dibeberapa desa yang mengungsi pasca beberapa kali gempa di Morotai.

Di lokasi pengungsian, terlihat masyarakat membangun tenda-tenda untuk sementara waktu karena panik akan gempa susulan.

Demikian, meskipun hari sebelumnya sabtu (17/02/19 Bupati Morotai Benny Laos saat berkunjung ke lokasi Pengungsian telah memberikan imbawan agar masyarakat kembali ke rumah dan melakukan aktivitas mereka seperti biasanya.
Pelayanan kesehatan oleh Kadinkes dan KB Morotai

Sampai saat ini, terlihat masyarakat belum mau kembali ke rumah dan memilih tinggal di lokasi pengungsian dengan alasan masih takut akan terjadi gempa susulan.

Kadinkes dan KB Morotai, dr. Victor Palimbong saat dihubungi media. Dirinya menyampaikan fokus kerja Dinkes dan KB saat ini masih pada kegiatan Persiapan Pelayanan Pasca Gempa dan Sosialisasi gempa di Desa Sopi maupun beberapa desa lainnya.

"Saat ini, Dinkes dan KB masih terus fokus pada persiapan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pasca gempa. Selain itu, fokus sosialisasi gempa juga masih terus berjalan di beberapa desa, seperti desa Hapo, Libano dan Sopi" Tutur dr. Victor

Kegiatan yang dilakukan Dinas Kesehatan ini berjalan lancar meskipun beberapa kendala telah mereka temukan dilapangan. Kendala jalur penghubung dari desa ke desa, dan juga kendala ketika cuaca alam tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas yang harus ditempuh melalui jalur laut.

Selain fokus kegiatan persiapan pelayanan pasca gempa dan sosialisasi, Dinkes dan KB Morotai untuk beberapa desa. Dinas kesehatan dan KB terlihat serius mengkordinasikan lahan pembangunan Puskesmas di Libano.

Hal ini di sampaikan oleh Erick, salah satu stafnya bahwa Kadinkes dan KB sendirilah yang turun ke lapangan bersama beberapa stafnya untuk melakukan koordinasi lahan pembangunan Puskesmas di Morotai Jaya desa Libano.
Kadinkes dan KB Morotai : Sosialisasi Gempa

"Kepala Dinas Kesehatan dan KB turun langsung ke lapangan bersama beberapa stafnya, melakukan koordinasi lahan pembangunan puskesmas di Desa Libano pasca melakaukan kegiatan sosialisasi gempa dan pelayanan kesehatan pasca gempa" kata Erick

Dinas Kesehatan dan KB Morotai dalam hal pelayanan lebih mengutamakan kesehatan masyarakatnya, sehingga sejauh ini meskipun berbagai kendala, Dinas Kesehatan dan KB  menempuh dan melihat masyarakatnya secara langsung.

Di desa Sopi lanjut Erick, Kepala Dinas Kesehatan dan KB juga turut membantu masyarakat (Petani Kopra. Red) yang tengah melakukan aktivitasnya mengolah kelapa.

Staf Dinkes dan KB yang ikut turun kerja dilapangan tak tinggal diam saat pimpinannya membantu masyarakat yang sedang melakukan aktivitas mereka. Melakukan hal tersebut disela-sela focus kegiatan yang Dinas Kesehatan dan KB lakukan.

"Kepala Dinas yang langsung membantu masyarakat yang sedang menumpukan kelapa didalam karung yang mereka sediakan. Kami sebagai staf, melihat yang telah dikerjakan pimpinan kami. Jelasnya kami turut untuk membantu, melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh pimpinan kami" tutup Erick. (Bs)
Komentar

Berita Terkini