-->
    |

Sekretaris Gugus Minta Desa Bentuk Relawan Pencegahan Covid 19


SANANA - Sekretaris gugus sekaligus pelaksana harian pencegahan wabah Virus Corona (Covid 19) Kabupaten Kepulaun Sula (Kepsul) Hendara Irawan Umabaihi mengatakan bahwa, berdasarkan instruksi Presiden dan Kementerian Desa, dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh desa agar membentuk tim relawan pencegahan Covid 19 di tingkat desa.

Pihaknya sendiri sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk secepatnya bisa membentuk relawan pencegahan Virus Corona sekaligus bisa mensosialisasikan ke masyarakat.

Prosedur pembentukan relawan ungkap Hendra, terdiri dari Kepala Desa yang berperan sebagai ketua relawan dan sekretarisnya dari Ketua Badan Permusyaratan Desa (BPD) dan anggotanya ialah seluruh aparatur yang ada di desa setempat yang juga melibatkan pihak kesehatan, Babinkamtimbas dan Babinsa Desa.

" Terkait dengan pembentukan relawan desa saya juga sudah koordinasikan dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)," ungkapnya kepada Awak media, Rabu (01/4).

Sesuai dengan instruksi Presiden maupun Menteri Desa jauh sebelumnya, kata Hendra, pihaknya telah memberikan surat edaran yang di tujukan ke seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Kepulaun Sula." Surat edaran pencegahan Covid 19  sudah distribusikan ke seluruh kepala desa," jelas Hendra.

Sejauh ini, sambung Hendra, Desa yang sudah membangun koordinasi dengan pihaknya yakni, Desa Pohea, Desa, Baleha dan Desa Fatkauyon. Sementara untuk desa lainnya dan Kecamatan seperti Kecamatan Mengoli Barat Desa Dofa maupun Kecamatan Mangoli Utara dan Desa Falabisahaya rencananya akan dilakukan sosialisasi pencegahan Covid 19 hari ini.

Hendra juga mengungkapkan bahwa salah satu kecamatan di Kepsul yakni Kecamatan Mangoli Utara Desa Falabisahaya sudah melakukan gerakan pencegahan baik berupa sosialisasi ke masyarakat maupun membuat langkah-langkah pencegahan seperti menyemprot disinfektan di pemukiman warga. (KS)
Komentar

Berita Terkini