-->
    |


Akibat Hujan Deras di Pegunungan, Sejumlah Desa di Pulau Mangoli Terjadi Banjir


SANANA, - Derasnya hujan di pegunungan Pulau Mangoli mengakibatkan sejumlah desa yang berada di Kecamatan Mangoli Timur dan Mangoli Tengah dilanda banjir. Desa tersebut diantaranya, Desa Kou, Naflo, Waitina, Jeri, Mangoli, Waitulia, Urifola dan Capalulu. 

Hal ini di sampaikan oleh, Kepala Pelaksana (Kalak) Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepsul, Hendra Irawan Umabaihi kepada awak media, Kamis (16/07) bahwa, banjir yang terjadi di daratan Pulau Mangoli itu diakibatkan derasnya hujan  di pegunungan sehingga masing-masing desa yang memiliki sungai besar terjadi luapan. Setelah mendapat informasi tersebut, tim SAR BPBD langsung bergerak dan meninjau lokasi sekaligus membantu warga. 

Selain banjir, kata Hendra, kondisi ini juga diakibatkan oleh bertiupnya angin timur sehingga terjadi abrasi di bibir pantai tepat di Desa Mangoli dusun III Kecamatan Mangoli Tengah. Akibatnya, terdapat sekira 20 pohon kelapa nyaris roboh. Sedangkan, untuk Desa Urifola banjir terjadi akibat talud yang berada di belakang desa sudah tak mampu menampung debit air sehingga  air meluap ke pemukiman warga. 

Sementara untuk Desa Waitina, Kecamatan Mangoli Timur sampai saat ini pihak BPBD terus melalukan koordinasi dengan Kepala Desa tetapi kades menyampaikan sampai saat ini meskipun hujan namun air sudah tidak meluap seperti beberapa hari lalu.

" Iya kami juga terus koordinasi dengan kades, dan kades sampaikan untuk kondisi sungai sampai hari sudah tidak lagi mengeluarkan air seperti beberapa hari lalu. Sekarang air keluar biasa saja," pinta Hendra. (KS).
Komentar

Berita Terkini