-->
    |



Panwaslu Sosialisasi Pengawasan Partisipatif untuk Pemilih Pemula di Wasile Timur


WASILE, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Wasile Timur, Kabupaten Halmahera Timur, mengajak pemilih pemula untuk aktif berpartisipasi dalam pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024. 

Ketua Panwaslu Kecamatan Wasile Timur, Bahsar Harisun, menyampaikan pesan ini dalam Sosialisasi Pengawas Partisipatif untuk pemilih pemula yang diadakan dalam acara Kemah Raya oleh Ikatan Pelajar Mahasiswa Wasile (IPMW) di Desa Rawamangun.  Kamis, (31/08)

"Bergabunglah sebagai pemilih pemula dan edukasikan keluarga tentang bahaya politik uang, kebencian, dan berita palsu," kata Bahsar.

Zhar, sapaan akrab ketua Panwaslu Kecamatan Wasile Timur, menekankan pentingnya pengawasan partisipatif, karena masyarakat secara keseluruhan memiliki peran penting dalam proses demokrasi.

"Kesadaran masyarakat dan partisipasi dalam pengawasan adalah dasar utama untuk pemilu dan pemilihan yang ideal," ujarnya.

Anggota Panwaslu Kecamatan Wasile Timur, Julfian Wahab, juga mengingatkan bahwa pengawasan partisipatif dari semua elemen sangat penting mengingat pemilihan tahun 2024 akan melibatkan pemilih pemula yang sudah berumur 17 tahun.

"Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman pemilih pemula tentang kepemiluan dan demokrasi serta mendorong mereka untuk menjadi pengawas pemilu yang peduli terhadap proses demokrasi," katanya.

Sementara, Sulfi NH. Bugis, Anggota Panwaslu Kecamatan Wasile Timur, menyoroti pentingnya pendidikan politik bagi pemilih pemula sebagai kelompok rentan yang harus dijaga dari pelanggaran dalam pemilu.

"Panwaslu memiliki tugas dan kewenangan dalam mencegah dan menindak pelanggaran pemilu di kecamatan, dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk mencegah pelanggaran tersebut," (Fy).

Komentar

Berita Terkini