|

Poltekes Ternate dan BKKBN Gelar Posyandu Ilmi


Ternate-Dalam rangka meningkatkan kesehatan ibu dan anak, juga untuk meningkatkan kesehatan reproduksi maka Poltekes Kemenkes Ternate melalui Jurusan Kebidanan bekerjasama dengan BKKBN Kota Ternate mengelar Posyandu Ilmi. Kegiatan tersebut dilakukan di tempat Posyandu Jurusan Kebidanan Poltekes Kemenkes Ternate pada (04/01).

Diketahui, ada beberapa program kegiatan yang dilaksanakan dalam posyandu ilmu tersebut, seperti pemeriksaan ibu hamil, pemberian imunisasi dasar, pemeriksaan malaria pada ibu hamil, pelayanan kontrasepsi, penyeluhan kesehatan dan konseling remaja.

"Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas kegiatan kita yang dilakukan setiap tanggal 4 bulan berjalan" kata Rosida Hi Saraha, staf jurusan kebidanan membenarkan saat di konfirmasi di ruang kerjanya.

Posyandu ilmi yang dilakukan hari ini sudah menjadi rutinitas dari jurusan kebidanan Poltekes Kemenkses Ternate. Kegiatan tersebut biasanya dilaksanakan satu kali pada tanggal 4 setiap bulan berjalan, namun untuk pelaksanaan kali ini berbeda dengan yang dilakukan sebelum-sebelumnya.

Sementara menurut Rosida, dilakukannya kegiatan pemeriksaan malaria dalam kehamilan sekaligus pembagian kolambu berinseptisida, karena Prodi D3 Kebidanan Poltekes Kemenkes Ternate dan Jurusan Analis kesehatan mempunyai unggulan malaria dalam kehamilan sehingga kegiatan posyandu ilmi diimput semuanya.

"Kali ini berbeda karena pelayanannya terpadu dan terintegritas dengan pelayanan BKKBN".

Rosida menambahkan, untuk pelayanan posyandu dilakukan untuk masyarakat terdekat, namun untuk pelayanan kontrasepsi diperuntuhkan untuk semua, bebas semua bisa melakukan pelayanan kontrasepsi disini. "Bebas melakukan pelayanan kontrasepsi dengan membawa KTP"

Harapan Rosida, dengan kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan reproduksi pasangan usia subur juga masyarakat mendapatkan pelayanan soal malaria dengan pembeeian kolambu berinseptisida, Tutupnya. (Imha).
Komentar

Berita Terkini