-->
    |



Polres Kepsul Gelar Upacara Memperingati Hari Pahlawan


SANANA,Reportmalut.com-Polres Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan Tahun 2023, yang berlangsung di halaman Polres, Desa Fatcei Kecamatan Sanana, Jumat (10/11/2023).

Upacara dipimpin Kabag Ops AKP. Umar Kombong, dihadiri oleh pejabat utama Polres serta personel Polres Sula dengan mengusung Tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

AKP Umar Kombong, dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, bahwa Hari Pahlawan Ke-78 ini, diperingati dengan diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan moderen yang kian nyata. Mengingat Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, dan kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

" Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara,” kutipnya.

Lanjut Umar, ancaman dan tantangan ini akan harus ditaklukkan dengan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang pada 10 November 1945. Tidak mudah memang tapi pasti bisa karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita pentingnya nilai-nilai perjuangan.

“Oleh karena itu, Pahlawan merupakan orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri. Dengan hanya berbekal bambu runcing, para Pahlawan dalam Pertempuran 10 November 1945 bisa menghadapi musuh yang merupakan para pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya,” sambungnya.

Selain itu, Umar juga menyatakan, semangat yang berasal dari nilai-nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945, merupakan semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan, menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

" Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan memerangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya diseluruh pelosok Negeri. Untuk itu, mari kita bersama-sama bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang lebih maju dan makin sejahtera,” pintahnya mengakhiri.(Noah)

Komentar

Berita Terkini