|

Dinkes Morotai Gelar Workshop Pemahaman Standar Instrumen Akreditasi Puskesmas


Morotai-Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Morotai  menggelar Kegiatan Workshop Pemahaman Standar Instrumen Akreditasi Puskesmas yang di laksanakan Hotel Perdana di Sabtu (13/7). Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari yakni pada tanggal 13-15 juli 2019.

 Akreditasi Puskesmas bertujuan meningkatkan pelayanan dan keselematan pasien, meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungan serta puskesmas sebagai institusi dan meningkatlan kinerja puskesmas dalam pelayanan kesehatan perorangan atau kesehatan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Kepala Puskesmas, Ketua Pokja, Pj. UKM, Pj. UKM Pengembagan, PJ UKM Esensial UKP, Pj. Admen, dokter Umum Petugas Farmasi, ketua tim mutu, KTU, Petugas Rekam Medik, Pj UGD, KIA, Pj Lab, dan Dokter Gigi.

Kepala Dinas Kesehatan dan KB, dr. victor Palimbong dalam sambutannya mengatakan, bahwa Workshop yang dilaksanakan Dinkes hari ini adalah workshop pendukung implementasi Akreditasi yang sebelumnya dilaksanakan bulan April lalu.

"Kami telah melaksanakan workshop Audit Internal dan rapat tinjauan manajemen serta workshop Teknik Keselamatan Pasien". Ucapnya

Dirinya juga menekankan kepada Kepala Puskesmas dan seluruh Stafnya Untuk bekerja lebih keras dan giat dalam mempersiapkan proses Akreditasi nanti.

"Saya tidak ingin menerima laporan bahwa menjelang waktu pelakdanaan survey nanti ada Puskesmas yang belum siap karena berbagai macam Alasan. Proses Akreditasi akan saya monitor langsung baik melalui laporan Tim Pendamping maupun Kunjungan Langsung untuk melihat sejauh mana pesrsiapan Puskesmas" tegasnya

Selain itu dirinya menuturkan bahwa pada tahun ini Di Kabupaten Pulau Morotai terdapat 4 Puskesmas yang disiapkan untuk dilakukan penilaian atau survei Akreditasi yaitu Puskesmas Bere-Bere, Sopi, Tiley dan Posi-Posi.

Tahapan pra persiapan akreditasi yang telah selesai dilaksanakan, Kata  Victor, yakni  Penggalangan Komitmen, Pemahaman Standar dan instrumen  tingkat Puskesmas Self Asessment Awal serta Penyusunan Poa Akreditasi.

Dirinya berharap dalam kegiatan ini agar seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan baik dari awal sampai selesai nanti.(fy)

Komentar

Berita Terkini