-->
    |

FPMW Unjuk Rasa Tolak Perusahaan Loging CV. Azahra Karya di Kota Ternate

 

Forum Perjuangan Masyarakat Wailoba (FPMW)- DOc Reportmalut.com

Reportmalut.com,- Forum Perjuangan Masyarakat Wailoba (FPMW) mengelar aksk penolakan perusahaan Loging atas nama CV. Azahra Karya yang sementara beroperasi di Desa Wailoba, Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul).  Aksi penolakan tersebut dipusatkan di depan Pasar Gamalama Bahari Berkesan, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Senin (14/06).

Koordinator Aksi, Boy Fokaaya mengungkapkan, mereka melakukan aksi terkait penolakan perusahaan Loging di Desa Wailoba lantaran mereka menganggap perampasan ruang hidup di Maluku Utara semakin menjadi-jadi salah contohnya saat ini perusahaan Loging  beroperasi di Desa Wailoba. Di mana, 15 April lalu perusahaan telah mendaratkan alat-alat beratnya dengan alasan menitipkan. Namun, setelah itu pada 20 April mereka kembali mendaratkan alat." Padahal semua itu tanpa sepengetahuan dan izin warga dan pemerintah desa setempat,” pungkasnya. 

Koordinator Aksi Forum Perjuangan Masyarakat Wailoba (FPMW) - Doc Reportmalut.com


Lanjut Boy, setelah melakukan pendaratan alat berat, perusahaan tersebut kemudian melakukan penebangan pohon untuk perluasan areal dengan alasan pembuatan Cam atau barak. Saat ini perusahaan telah melakukan penggusuran dari kilo meter 1 sampai kilo 9 di Dusun Waidanas dengan alasan pembuatan jalan, dan menggusur semua tanaman warga seperti cengkih dan cokelat.

"Sejauh ini, warga telah melakukan penolakan terhadap aktivitas perusahaan dengan menyebarkan pamflet. Masyarakat juga meminta kepada Gubernur Maluku Utara dan Dinas Kehutanan Provinsi agar tidak mengeluarkan izin pengelolaan kayu bulat terhadap perusahaan tersebut," tandasnya. (KS)

Komentar

Berita Terkini